Dinamika AktualKabar Kota Kita

Lebaran Idul Fitri, Atur Pola Makan

Dutanusantarafm.com : Bagi sebagian orang, momen lebaran biasanya dijadikan sebagai ajang “balas dendam.” Tidak jarang mereka malah mengalami sakit perut, seperti diare, asam lambung hingga diabet akibat tidak mengatur pola makan. Agar terhindar dari risiko tersebut, sebaiknya jangan makan secara berlebih.

Ahli gizi RS Muslimat Ponorogo, Agrivin Roselia S.Gz mengatakan agar tubuh tetap dalam kondisi fit pasca puasa disarankan untuk makan sewajarnya saat lebaran.

“Boleh makan semua jenis makanan lebaran, tapi tidak boleh berlebih. Sebaiknya dikonsumsi sedikit-sedikit dulu,” katanya Rabu (27/04 2022).

Setelah puasa selama satu bulan, kata Grivin kondisi lambung belum stabil. Sehingga dalam posisi transisi tersebut, sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan langsung dalam jumlah banyak. Apalagi makanan yang mengandung tinggi glukosa, lemak maupun soda. Khususnya aneka makanan yang pasti disajikan saat lebaran. Seperti kue, opor ayam maupun minuman bersoda.

“Hampir semua jenis kue lebaran, mengandung glukosa tinggi. Jika dimakan secara m berlebih, bisa mengakibatkan gula darah naik,” imbuhnya.

Risikonya, selain memicu diare makanan tinggi glukosa akan berdampak kurang baik jika di konsumsi berlebih bagi penderita diabetes melitus (DM).

Sedangkan makanan berlemak, seperti opor ayam, gulai dan makanan lain yang bersantan bisa memicu naiknya adam lambung. Karena itu, meski banyak terdapat makanan lebaran sebaiknya dikonsumsi dengan wajar dan tidak berlebihan. (Umi Duta)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close