Dinamika AktualKabar Kota Kita

Kondisi Kesehatan Pengungsi Longsor Tugurejo Slahung Terus Dipantau

Dutanusantarafm-Petugas Puskesmas Slahung terus memantau kondisi kesehatan puluhan warga pengungsi longsor Dukuh Tugunongko Desa Tugurejo Kecamatan Slahung Ponorogo. Penyakit Inspeksi saluran pernafasan atas (ISPA) dan diare rawan menyerang para pengungsi,apalagi saat ini masih dalam masa pandemi covid 19.

Kepala Puskesmas Slahung Sapto Nugroho mengatakan petugas puskesmas telah memeriksa kondisi kesehatan para pengungsi sejak hari pertama kemaren. Petugas telah mengecek tekanan darah dan kondisi kesehatan secara umum para pengungsi. Hasil pemeriksaan tersebut diketahui kondisi mereka cukup sehat dan baik. Tidak ada yang memerlukan penanganan khusus atau pengobatan lebih lanjut.

“Tidak ada warga yang menyampaikan keluhan sakit tertentu kepada petugas kesehatan. Kondisi mereka cukup sehat” terangnya.

Sapto menyampaikan terdapat sekitar 30 orang pengungsi di tempat pengungsian yaitu rumah warga setempat. Para pengungsi asal Dukuh Tugunongko Desa Tugurejo Kecamatan Slahung tersebut dimina memperhatikan kondisi kebersihan lingkungan,termasuk menjaga pola makan. Penyakit ISPA dan diare adalah jenis penyakit yang paling sering menyerang para pengungsi, salah satunya karena faktor kesehatan lingkungan.

“IPSA dan diarea penyakit yang haris diwaspadai, sedini mungkin harus dicegah dengan menjaga kebersihan lingkungan tempat mengungsi, dan makanannya” imbuh Sapto.

Untuk memantau kesehatan para pengungsi juga telah didirikan posko untuk para tenaga medis. Selain pengecekan kesehatan secara rutin, petugas dari puskesmas pembantu sewaktu-waktu siap memberikan pertolongan jika diperlukan.
“Petugas telah siaga seaktu-waktu untuk memberikan pertolongan jika diperlukan” pungkasnya. (de/san)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close