Dinamika AktualGalerryHighlight News

Ketua PWI Jatim , Tugas Wartawan Mencerdaskan Maka Harus Cerdas

DUTANUSANTARAFM.COM :  Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim meminta kepada semua wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia dalam membuat produk jurnalistik jangan sampai salah meski bisa salah. Karena dampak dari kesalahan itu luar biasa besar apalagi diera digital yang semua informasi bisa  tersebar sangat cepat.  Sehingga wartawan  dari media mindstream dalam membuat produk jurnalistik harus melalui beberapa  tahapan dalam mengkonstruksi . Profesi wartawan dikepung aturan sehingga harusnya jangan sampai salah . Karena harus mentaati kode etik jusnalistik , harus paham prinsip-prinsip jurnalistik  dan harus mentaati UU Pers.

“Dan sekarang  harus mengikuti uji kompetensi. Diakuinya uji kompetensi adalah bagian dari procedural . Hal yang lebih penting adalah punya  kompentasi moral, harus berniat baik , sebagai jurnalis tidak boleh menyebar  hoak dan tidak boleh ada praktek pembingkaian yang disengaja karena itu sangat berbahaya, “terang Lutfil Hakim.

Lutfil Hakim yang baru  terpilih sebagai Ketua PWI Jatim itu juga berpesan agar  wartawan selalu meningkatkan keilmuannya. Karena salah satu tugas wartawan adalah mendidik public dan  mencerdaskan masyarakat .

“Bagaimana bisa mencerdaskan jika wartawannya tidak cerdas. Jadi wartawan harus terus banyak belajar  untuk membartu masyarakat dan juga program pemerintah. Akan lebih baik jika wartawan juga mengisiniasi program-program yang lebih inovatif untuk membantu masyarakat. Tapi jangan juga tutup mata jika melihat ketidak adilan dan prkatik praktek sepeprti korupsi dan lainnya tetap harus kritis, “ungkapnya. (wid)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close