Highlight NewsKabar Kota KitaSekitar Kita

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Ponorogo : Petani Perlu Mendapat Jaminan Sosial

Dutanusantarafm-Setiap pekerja punya resiko mengalami kecelakaan kerja, mulai resiko ringan sampai berat bahkan sampai meninggal dunia. Kejadian seperti itu sangat tidak diinginkan, namun sebaiknya harus diantisipasi.

Kepala kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan Ponorogo, Heru Siswanto menyampaikan pentingnya jaminan sosial untuk para pekerja, tidak terkecuali pada petani. Hal itu diutarakannya pada Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan bersama Penyuluh Pertanian Se Kabupaten Ponorogo di Kantor Dinas Pertanian pada hari Senin (7/2/2022.).

Heru kepada para penyuluh menjelaskan perlindungan pekerjaan kepada para Petani di Kabupaten Ponorogo sangat dibutuhkan. Petani hampir setiap hari Pulang pergi ke sawah untuk bekerja. Perjalanan saat berangkat atau pulang ke rumah bisa saja terjadi kecelakaan, atau kecelakaan bisa terjadi juga saat bekerja di sawah.

“Resiko kecelakaan seperti itu tentu tidak diinginkan petani, namun selama ini tidak jarang terjadi” ungkap Heru.

Ditempat terpisah Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Madiun, Honggy Dwinanda Hariawan menuturkan agar pekerja (petani) bisa terlindungi, salah satu caranya dengan ikut BPJS Ketenagakerjaan sebagai peserta bukan penerima upah (BPU) . Pekerja cukup membayar iuran sebesar Rp.16.800/bulan akan mendapatkan Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Kematian.

” Dengan ikut program ini para petani akan terlindungi selama bekerja” imbuhnya.

Apabila petani mengalami kecelakaan kerja maka akan mendapatkan pengobatan unlimited, sampai dengan sembuh. Resiko apabila kecelakaan saat bekerja akan menjadi ringan apabila sudah ditanggung BPJS ketenagakerjaan.

Pada bagian lain untuk mendaftar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan prosedurnya cukup mudah. Untuk yang di Ponorogo pendaftar bisa datang langsung ke kantor BPJS ketenagakerjaan yang beralamat di Jl. Janoko no 4 Ponorogo. Pendaftaran bisa dilakukan mandiri atau kolektif dengan membawa Ktp.

“Cara mendaftarnya cukup mudah kok, prosesnya juga cepat. Jadi sebaiknya segera mendaftar” tambahnya.

Sementara itu Dinas Pertanian Ponorogo merespon baik sosialisasi yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan tersebut. Dinas berharap para petani di Kabupaten Ponorogo segera mendaftar BPJS Ketenagakerjaan, yang manfaatnya cukup besar yaitu akan memberikan perlindungan sosial. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close