Dinamika AktualKabar Kota Kita

Ekonomi Bangkit Masa Pandemi, Kemenag Ponorogo Dorong RPH Urus Sertifikat Halal

Dutanusantarafm-Upaya memajukan perekonomian harus terus berlangsung, disaat pandemi covid 19 belum kunjung usai. Sertifikat halal menjadi kebutuhan pokok bagi pelaku usaha, baik skala besar, mengah dan kecil (UKM). Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo terus mendorong pelaku usaha salah satunya rumah potong hewan (RPH) untuk segera mengurus sertifikat halal.

Data di Kantor Kemenag Ponorogo menyebutkan RPH di Ponorogo yang mengurus sertifikat halal sangat minim, nyaris belum ada. Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kemenag RI telah memberikan kesempatan bagi pemilik usaha mengurus sertifikat secara gratis pada tahun 2020, dan 2021. Namun dari sekitar 60 usaha yang diajukan selama dua tahun itu, mayoritas usaha makanan atau jajanan.

Menurut kasi gara zakat dan wajaf kemenag Ponorogo yang sekaligus ketua satgas halal Ifrotul Hidayah minat pemilik RPH untuk mengajukan sertifikat masih rendah. Kemenag Ponorogo akan terus mendorong mereka untuk segera mengurus sertifikat halal.

“kita akan dorong terus mereka, sertifikat halal adalah penting dan sudah jadi kebutuhan” katanya.

Ifrotul menjelaskan salah satu kebutuhan dalam mewujudkan RPH yang bersertifikat halal adalah tersedianya penyelia halal. Kemenag Ponorogo berencana mengadakan pelatihan penyembelihan hewan yang benar, dari awal pemilihan hewan sampai proses produk siap dipasarkan.

“sampai sekarang belum pernah ada pelatihan, kita akan akan usahakan itu dengan mencari mitra pendukung” imbuhnya.

Pada bagian lain Kemenag RI sendiri masih menggencarkan pelatihan penyelia halal kepada para petugas satgas halal di kemenag propinsi dan kabupaten. Harapanya pelatihan itu bisa mendukung sosialisasi halal sampai daerah-daerah.

Pertumbuhan ekonomi harus dibarengi dengan peningkatan mutu produk yang dihadilkan sesuai kebutuhan dan prodedur yang berlaku. Masa pandemi covid 19 diharapkan semangat dalam meningkatkan perekonomian semakin bertambah. Persaingan semakin ketat, sertifikat halal sudah menjadi kebutuhan dan syarat utama. (de/san)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close