Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Kemarau, Pengajuan Sumur Dalam Meningkat PLN Lebih Selektif

DUTANUSANTARAFM.COM : Masuk musim kemarau, jumlah permohonan pemasangan jaringan listrik untuk sumur dalam disejumlah wilayah di Kabupaten Ponorogo meningkat. Meski demikian, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) setempat lebih selektif dalam melayani pemohon tersebut.

Joko Prasetyo, Kepala PLN ULP Ponorogo mengatakan kebijakan itu dilakukan lantaran permintaan sumur dalam terus meningkat dari tahun ke tahun. Pihaknya mencatat ada ratusan permohonan, berasal dari daerah dengan area persawahan yang luas. ‘’Sebagian besar dari wilayah pinggiran. Seperti Babadan, Jenangan maupun Sukorejo,’’ paparnya, kemarin

Ada beberapa syarat yang diajukan Joko terkait permohonan itu. Diantaranya, kapasitas travo yang berada di lokasi masih relevan dalam menyuplai aliran listrik. Karena jika tidak, dikhawatirkan bisa terjadi overload (OL) atau overblast (OB) sehingga bisa menyebabkan tegangan drop atau padam. ‘’Kalau sampai drop, listrik satu wilayah bisa padam,’’ imbuhnya.

Syarat berikutnya, kata Joko tegangan dilokasi tersebut aman. Yakni, masih dalam hitungan kurang dari 220 volt. Sama halnya travo, jika kekurangan tegangan aliran listrik juga akan menurun. Selain itu, untuk bisa memasang sumur dalam PLN juga menghitung jumlah biaya investasi minimal sebanding dengan yang dibayarkan pemohon. ‘’Material dari kami juga harus disiapkan terlebih dahulu,’’ tegasnya. (Umi Duta)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close