Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Kaya Predator , Babadan Relatif Aman Dari Serangan Migrasi Wereng

DUTANUSANTARAFM.COM :  Gerakan Refugia yang selalu digalakkan oleh Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT)  Ponorogo  menjelang musim tanam sangat berpengaruh pada upaya pengendalian hama wereng batang coklat dan hama lainnya.  Meski di kawasan Ponorogo selatan terdata ada serangan  hama wereng namun tingkat kerusakan yang ditimbulkan tidak terlalu besar seperti pada tahun 2010.  Data dari Koordinator POPT Dispertanahkan Ponorogo menyebutkan total tanaman padi yang terserang Wereng Batang Coklat di Ponorogo selatan  seluas 44,3 hektar dengan kategori sedang, ringan, dan berat.  Tanaman padi yang terserang wereng kategori berat seluas 0,75 hektar, kategori  ringan  39, 54 hektar dan  katogori sedang  4,5 hektar. Diprediksi paska panen raya padi kawasan selatan maka akan terjadi migrasi wereng kearah Ponorogo utara.

“Untuk  kawasan Babadan relative aman dari migrasi wereng karena musuh alaminya banyak . Ada tomcat, siturinus dan  laba-laba jika miskin musuh alami kita perlu khawatir. Meski begitu petani harus tetap siaga dan warpada, “terang Paiono , POPT wilayah Ponorogo dan Bababan

Lebih lanjut Paino menjelaskan, Migrasi Hama Wereng Batang coklat  dari selatan ke utara bakal terjadi karena sumber makanan sudah habis. Karena sumber makanan hama wereng hanya dari  tanaman padi . Dan kawasan Ponorogo utara tanaman padinya masih pada masa pengisian alias njebul  sehingga potensi sebagai sumber makanan wereng. Tapi kalau keseimbangan antara predator dan hama seimbang  tidak akan terjadi  ledakan serangan.( wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close