Dinamika AktualKabar Kota Kita

Jaga Alam , LPBI NU Gelar Pelatihan Batik Ecoprint

DUTANUSANTARAFM.COM :  Kelompok Sinoman   Dusun Dayang desa Sukosari  Kecamataan Babadan yang tergabung dalam sinoman Ringin 7 menggelar pelatihan pembuatan batik  Ecoprint , Kamis ( 24/12/2020).  Bekerjasama dengan  Lembaga  Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama  (LPBI NU) Ponorogo, pelatihan batik sistim Ecoprint ini dalm rangka menggiatkan kesadaran masyarakat  untuk membuat produk ramah lingkungan.  Karena batik ecoprint menggunakan pewarna alam murni.  Ada 2 metode membantik sistime ecoprit yang di ajarkan . Pertama, sisitem pounding atau di pukul pukul dan kedua, dengan system di steam alias di kukus .   

“Sebenarnya ada 3 cara membatik Ecoprint ini , ketiga adalah dengan sistem fermentasi. Namun yang paling mudah dan simpleh saja yang kita ajarkan. Jika kita  ajarkan yang sulit nanti kurang menarik,”Jelas Soyan , Pelatih Batik Eckoprint.

 Sofyan  alias Popey , mentor  dalam pelatihan  membantik dengan ecoprint  dari LPBI NU  menjelaskan  membatik sistim ecoprny ini  sebagai salah satu cara  kampaye lingkunag hidup.  Sebelum  pelatihan  dilaksankan warga tadi diajak untuk melakukan penghijauan terlebih dahulu kemudian baru mengikuti  pelatihan membatik ecoprint.  Ini memberikan  sosilisai bahwa  yang di gunakan untuk membatik adalah hasil alam yang kita tanam .  Jadi bahannnya mudah di dapatkan  disekitar kita, sepeperti daun jati, pucuk merah  dan lainnya.

“ Harapannya selain  masyarakat sadar tetang pentingnya menjaga alam,  tentang produk ramah lingkungan nantinya juga bisa meningkatkan ekonomi mereka dari produksi batik ecoprit yang diajarkan ini, “terang Popey. (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close