Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Hujan Deras, Lima Rumah Terdampak Longsor di Ngebel Ponorogo

Dutanusantarafm-Hujan dengan intensitas deras yang terjadi di wilayah Kecamatan Ngebel selama kurang lebih empat jam, mengakibatkan terjadinya bencana longsor di sejumlah tempat. Longsor menyebabkan kerugian materiil hingga belasan juta rupiah, namun untungnya bencana itu tidak sampai menyebabkan korban luka maupun jiwa.

Camat Ngebel Dwi Cahyanto menuturkan sesuai data yang ia punyai, longsor menimpa dua desa yang ada di wilayah Kecamatan Ngebel, kemaren. Dua desa itu adalah Desa Talun dan Desa Gondowido Kecamatan Ngebel kabupaten Ponorogo. Longsor yang terjadi di Desa Talun antara lain menimpa dinding Rumah milik Jarno, dan ditempat terpisah tanah Longsor disertai Pohon Tumbang menimpa rumah Erwin.

Sedangkan di Desa Gondowido Longsor terjadi di empat titik, yaitu ada longsor dari tebing yang menimpa dinding rumah, ada yang menutup jalan dan ada talut yang ambrol. Adapun rincian bencana longsor di Desa Gondowido tersebut adalah sebuah talut didepan rumah Aris Risanto di Briket Desa Gondowido ambrol, hingga menyebabkan pondasi teras rumah menggantung. Selain itu di desa tersebut juga terjadi longsor tanah dari tebing yang menimpa tembok dapur rumah milik Suprapto di Dukuh Krajan serta tebing longsor menimpa dapur rumah milik Parwadi Dukuh Batik Desa Gondowido yang mengakibatkan tembok dan atap rumah bagian dapur ambrol.

Dwi menambahkan selain ditiga lokasi itu juga terjadi longsor dari tebing yang menyebabkan jalan penghubung desa Gondowido dengan Desa Pupus tepatnya di Dukuh Briket tertutup. Ia menyebut longsor yang terjadi kategori ringan sampai sedang, sehingga tidak sampai menyebabkan pemilik rumah harus mengungsi.

“Hasil peninjauan kami di tkp, kondisinya tidak membahayakan. Warga tidak perlu mengungsi saat ini”ungkapnya.

Ia menjelaskan selain meninjau keadaan para pemilik rumah korban longsor, dan penanganannya, pihaknya yang datang bersama BPBD,polsek,koramil, juga memberikan bantuan paket sembako dan kebutuhan lainnya. Pemerintah berharap agar warga selalu mewaspadai terjadinya bencana longsor, dengan mencari tempat berlindung yang aman dan nyaman saat hujan deras mengguyur.

“Hujan diperkirakan masih akan sering turun, karena itu warga yang tinggal di daerah rawan longsor diminta selalu waspada dan mengantisipasinya” pungkas Dwi. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close