Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Harga Cabai Tembus Rp 60 Ribu /Kg, Petani Tegaskan Pupuk Mahal Yaa!

DUTANUSANTARAFM.COM :  Marpungah   bersama 2 anggota keluarganya  memetik cabai disawahnya di Desa Panjeng Kecamatan Jenangan , Kamis (08/12/2021).  Wajahnya sumringah penuh semangat hingga pukul 11.00 wib belum beristirahat memetik cabai –cabai merah di lahan seluas 1400 meter persegi.  Marpungah  semangat menyelesaikan panen hari itu karena harga cabai mencapai  Rp.60.000 per kg.  Dikhawatirkan jika tidak selesai harga  itu . esoknya harga cabai akan turun . Pasalnya harga cabai berfluktuasi sangat cepat .  Panen Cabai . Selama musim cabai ini 7 kali , harga mulai merangkak naik baru sepekan ini.

“ Saya sudah 7 kali panen tapi masih sedikit sedikit. Panen pertama  harganya  Rp.8 ribu per kg , kemudian panen ke 2,   naik Rp 9 ribu per kg , panen ke 3 naik  Rp 13 ribu  terus naik 14 ribu dan  2 kali panen terakhir  Rp.53 ribu per kg. Hari in infonya  harga cabai Rp 60 ribu per kg, “ kata Marpungah sambil memetik cabai.

Sayangnya , keceriaan Marpungah tidak berlangsung lama. Ketika membicarakan masalah  biaya tanam , pestisida termasuk pupuk senyumnya meredup.  Karena harga  cabai yang tinggi tersebut akan habis untuk beli pupuk non subsidi yang harganya saat ini selangit.

“Dikumpulkan buat beli pupuk bu, pupuk mahal  dan langka,”keluhnya . (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close