Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

HAN 2022, Ponorogo Berkomitmen Penuhi Hak Dan Kebutuhan Anak

DUTANUSANTARAFM.COM :  Ponorogo – Dalam rangka meraih  Predikat Kabupaten Layak Anak  dari ketegori  Pratama ke Utama , Pemerintah Kabupaten Ponorogo berkomitmen untuk memenuhi hak dan kebutuhan ana-anak. Sehingga , predidkat sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) yang disandang saat ini tidak  hanya  sebagai predikat namun implementasinya  dilapangan nyata adanya. Salah satunnya dalam memperingatai Hari Anak Nasional *HAN) tahun 2022 , Dinas Pendidikan Kabupaten Ponorogo Bersama Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi)  dan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) menggelar lomba kreatifitas anak,  Rabu (8/6/2022) di Gedung Bulutangkis, Jalan Pramuka Ponorogo.  Di buka secara langsung oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko , di damping  Bunda Paud  Ponorogo Susilowati Sugiri Sancoko dan Kadindik Nurhadi Danuri , lomba mengambil  tema “Anak Terlindungi  Indonesia Maju” kegiatan di buka secara langsung oleh Bupati ponorogo Sugiri Sancoko , di dampiki Bunda Paud Ponorogo Susilowati Sugiri Sancoko.

Ratusan anak dari  21 kecamatan di Kabupaten  Ponorogo sangata antusias mengikuti agenda berbagai lomba yang disiapkan. Diantaramya lomba menyanyi tunggal,   menari, hafalan surat-surat pendek, menghafal Pancasila dan menyanyi Garuda Pancasila dan sebagainya.

Nurhadi Danuri , Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo  mengatakan agenda tersebut merupakan bagian dari upaya untuk  memenuhi hak-hak dan kebutuhan anak.  Sehingga ,  anak-anak akan semakin tumbuh dan berkembang sesuai kebutuhannya. Anak –anak harus disediakan ruang dan fasilitas untuk mengekspresikan keinginannya yang positif. Bahkan juga harus dilindungi  dari hal-hal yang di mungkinkan merusak mereka.

“Dalam rangka memenuhi hak anak usia dini, memenuhi hak anak untuk berpartisipasi, meningkatkan prestasi anak, serta memberikan pendidikan cinta tanah air maka kita harus memebrikan ruang dan fasilitas,” kata Nurhadi.

Sementara itu Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko dalam kesempatan tersebut berharap banyak bahwa anak-anak menjadi generasi penerus yang membanggakan. Untuk itu sejumlah kebijakan dilakukan dalam rangka mendukung upaya tersebut diantaranya menjadikan Ponorogo sebagai Kabupaten Layak Anak.  Memasuki tahun ke-2  sebagai  daerah penyandang predikat Kabupaten layak Anak (KLA) , pihaknya terus berupaya memenuhi sebua kreteria yang ditetapkan sehingga pada tahun 2022 ini kategorinya bisa naik ke  KLA Utama.

“Artinya hak hidup, hak asuh dan hak-hak lainnya harus dipenuhi, tempat bermainnya anak harus ramah terhadap anak. Anak-anak tidak boleh diperlihatkan tontonan yang tidak baik,” kata Sugiri.

Di informasikan dari pantauan dutanusantarafm.com , Kang Bupati Sugiri Sancoko bersama Bunda Paud Susilowati dan Kadindik Nurhadi Danuri  sempat bercengkerama dan memberikan semangat serta motivasi kepada anak -anak dari 21 kecamatan di Ponorogo yang mengikuti berbagai lomba. Bahkan,   Kang Bupati Sugiri  memberi salam secara langsung  kepada  353 anak  yang hadir dilapangan  Bulu Tangkis  tersebut . (wid)

.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close