Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

GP Ansor Dan Perhutani Libatkan Anak Untuk Jaga Alam

DUTANUSANTARAFM.COM : GP Ansor Kecamatan Sampung dan Perhutani BKPH Sumoroto mengelar penghijauan di kawasan hutan lindung masuk Desa Tulung Kecamatan Sampung , Minggu (04/04/2021) . Melibatkan banyak pihak seperti pemerintah Desa Tulung ,Koramil Sampung, Persatuan pecak silat, Komunitas Buruh Migran (KKBM) Ponorogo, LPBI NU dan PWI Ponorogo kegiatan berlangsung dengan protokol kesehatan yang ketat. Penghijauan dalama rangka rehabilitasi  kawasan hutan ini juga melibatkan anak- anak . Demi regenerasi dan edukasi terkait upaya melindungi dan melestarikan alam, Gp Ansor juga mengundang perwakilan forum anak Desa Sampung. Anak-anak ini dilibatkan dalam menanam 1000 bibit tanaman hutan dan buah buahan untuk menghijaukan kawasan hutan tersebut .

Asisten Administrasi (asad) BKPH Sumoroto Nanang Sunadyo menjelaskan penghijauan ini dilakuakn dalam rangka rehabilitasi lahan yang pohonnya sudah di tebang , alahan yang sebagaian terbakar dan lahan yang pohonnya tumbang. Penghijauan diutamankan di kawasan yang dekat sungai dan sumber air agar mampu menanggulangi berbagai ancaman bencana alam . Selain itu diharapkan dalam 10 tahun ke depan bisa segera pulih sumber airnya. Terkait dengan pelibatan anak anak, Asad BKPH Sumoroto Nanang Sunadyo mengakui pelibatkan anak- anak dalam kegiatan penghijauan ini dilakukan sebagai langkah edukasi bahwa perhutani adalah wilayah yang ramah anak .

“Selain itu juga dalam rangka mengedukasi tetang keseimbangan alam, tetang hutan lindung dan  fungsi hutan. Karena pada suatu saat   tugas menjaga dan melestarikan itu pada  mereka juga, “terang Nanang Sunadyo.

Hal senada juga disampaikan Ketua GP Ansor Sampung Aan Hamdani kepada dutanusantarafm.com, Minggu (04/04/2021) usai memimpin gerakan penghijuanan di RPH Desa Tulung Kecamatan Sampung. Kegiatan penghijuan ini sebenarnya menjadi agenda dari pemerintah Desa Tulung , namun karena pandemic covid-19 tertunda  kemudian diambil alih oleh teman- teman GP Ansor PAC Sampung bekerjasama dengan banyak pihak.

“Pertimbangannya , mumpung masih musim penghujan maka penanaman harus disegerakan. Sedangkan untuk pelibatan anak -anak dalam penghijuan ini termasuk program baru dengan tujuan untuk regenerasi aktivis laingkungan. Karena dalam kurun waktu 10-15 tahan kedepan merekalah yang diharapkan untuk menjaga dan melestarikan alam ini, “terang Aan Hamdani.(wid)
.

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close