Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Gerakan Perbaikan Ekosistem Pantai, Ribuan Mangrove Di Tanam Kodim 0801 Pacitan

DUTANUSANTRAFM.COM :  Dalam upaya perbaikan ekosistem pantai secara nasional Kodam V Brawijaya melakukan gerakan penanaman Mangrove atau pohon Bakau di seluruh wilayah Kabupaten /Kota di Jawa Timur yang berpantai , Jumat (04/03/2022). Termasuk wilayah yang berada di bawah  Komando Resor Militer 081/Dhirotsaha Jaya atau  Korem 081/DSJ  Madiun yaitu  Kabupaten Pacitan,  Trenggalek, Tulung Agung dan Blitar. Di Wilayah Kabupaten Pacitan,  Kodim 0801 Pacitan melakukan penanaman 2000 bibit Mangrove  pada Jum’at ( 04/03/2022) dikawasan  Pantai Wisata Watu Mejo Desa Kembang Kecamatan Pacitan Kabupaten Pacitan seluas 2 hektar.

“Penanaman Mangrove secara serentak hari ini  di Jawa Timur di ikuti 17 kabupaten yang memiliki wilayah pantai. Di wilayah Korem Madiun  di ikuti oleh Pacitan ,Tulungagung, Trenggalek dan Blitar, “jelas Pasiter Kodim 0801 Pacitan , Kapten Inf. Nurhadi Sugiono kepada dutanusantarafm.com, Jum’at ( 04/03/2022)

Pasiter Kodim 0801 Pacitan , Kapten Inf. Nurhadi Sugiono mengungkapkan  gerakan penanaman Mangrove serentak Se-Jawa Timur  dipimpin langsung Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Nurchahyanto dari Bangkalan. Untuk wilayah Pacitan gerakan dipimpin langsung oleh  Dandim 0801 Pacitan  Letkol Kav Ibnu Khazim dan di ikuti oleh  jajajran Polres Pacitan, Pemkab Pacitan dan stake holder lainnya .

“Gerakan ini sebagai upaya untuk mencegah meluasnya abrasi  bibir pantai sehingga tidak sampai ke pemukiman. Karena jarak pantai di Pacitan dengan pemukiman penduduk  atau kawasan pemukimam hanya 2 km saja  sehingga harus sejak dini dilakukan upaya penanaman Mangrov untuk mencegah bencana alam  abrasi,”kata Pasiter Kapten Inf. Nurhadi Sugiono

Di informasikan  tanaman Mangrove merupakan salah satu ekosistem alam yang sangat produktif, yang mana mangrove memiliki banyak manfaat yaitu melindungi pantai dari abrasi dan erosi . Susunan akar mangrove yang lebat dan padat berfungsi seperti saringan yang akan  mencegah pasir pantai terbawa arus sungai. Untuk kabupaten Pacitan selama kurun waktu 2021-2022 ini sudah melakukan penanaman Mangrove di 3 titik lokasi pantai sebanyak 7000 bibit. Diantarannya di Kawasan Pantai Watu Mejo, Pantai Tulakan dan Pantai Pidakan. ( wid)

.

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close