Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Dorong Pengembangan Wisata di Masa Pendemi. Pemkab Ponorogo MOU dengan OKE OCE Syam

Dutanusantarafm-Pembangunan sektor pariwisata tidak boleh mandek, ditengah pandemi yang sampai saat ini belum juga berakhir. Pembangunan dan pengembangan sector pariwisata adalah salah satu bagian untuk terus menggerakkan roda perekonomian di kabupaten Ponorogo.

Untuk menggenjot pembangunan pariwisata Pemkab Ponorogo mengadakan Mou dengan OKE OCE (One Kecamatan One Center Enterpreneurship) Syam (syariah adil makmur) di gedung pringgitan pada Minggu (13/06/20210). Penandatanganan MOU oleh Bupati Sugiri Sancoko bersama ketua OKE OCE Syam Reni widya lestari dengan disaksikan oleh ketua OKE OCE Iim Rusyamsi.

Selain penandatanganan MOU dengan OKE OCE Syam, sebelumnya dilakukan rembuk pariwisata Mas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dengan Bupati Ponorogo Kang Sugiri Sancoko via zoom. Menparekraf Sandiaga Uno pada rembuk wisata tersebut memberikan signal untuk ikut membantu mengembangkan pariwisata di kabupaten Ponorogo. Ia menyampaikan bahwa kabupaten Ponorogo sudah lama dikenal dan masuk dalam program pengembangan wisata 20 kabupaten di Indonesia.

Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyampaikan terkait MoU dengan OK OCE Syam, adalah langkah untuk pengembangan sektor pariwisata di Ponorogo. Program ini akan dilakukan bertahap, guna meningkatkan ketahanan ekonomi di Ponorogo.

“Pembangunan sektor pariwisata bisa dilakukan dengan membangun destinasi baru dan meningkatkan objek wisata yang sudah ada saat ini ,” terang Bupati.

Salah satu program pariwisata adalah meningkatkan kualitas obyek wisata alam Telaga Ngebel, rencana membangun monumen dan museum Reyog di gunung Sampung, , dan meningkatkan kualitas wisata religi di Masjid Tegalsari dan makam Bathoro Katong.

Kang Giri menjelaskan langkah yang dilakukan ini adalah untuk kepentingan rakyat yang sekarang tengah dalam situasi sulit akibat pandemi covid-19. Pihaknya optimis Ponorogo akan mampu bangkit kembali dari kondisi perekonomian yang belum menguntungkan akibat covid 19, karena punya modal masyarakatnya ulet dan kreatif, alamnya indah, dan warisan budaya adiluhung berupa kesenian Reyog Ponorogo.

Sementara itu ketua umum OKE OCE IIm Rusyamsi didepan kang Giri menyampaikan bahwa 2o juta orang di Indonesia terdampak karena covid 19. Karena itu OKE OCE yang didirikan oleh Sandiaga Uno ini secara nasional bergerak membantu mengatasi pengangguran. Caranya dengan turun ke masyarakat secara langsung, bersama pemerintah daerah, komunias penggerak , berusaha menciptakan lapangan kerja baru, membangkitkan UMKM.

Ia menyebutkan lebih dari 200 tokoh kelompok komunitas di Indonesia bersama lembaga swasta, pendidikan OKE OCE berusaha membangun ekosistem kewirausahaan untuk memutar roda perekonomian lebih baik. Dengan ditandatanganinya MOU Pemkab Ponorogo dengan OKE Oce Syam maka diharapkan bisa mencipatakan lapangan kerja , mengurangai pengangguran di Ponorogo.

“semoga cita-cita setiap kecamatan ada satu kewirausahaan, atau setiap kampung ada satu kewirausahaan, setiap kampus satu kewirausahaan termasuk satu pesantren satu kewirausahaan bisa diciptakan. Sehingga roda ekonomi terus bisa berjalan” pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close