Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita
Trending

Dokter Swasta Suruh Lapor Ke Dinas Jika Membantu Pengobatan Sapi PMK

DUTANUSANTARAFM.COM :  Riber dan lagi –lagi masyarakat menjadi  korban kebijakan yang tidak jelas dan tidak tersosialisikan dengan benar dan jelas.  Hal ini bakal dialami ratusan peternak  Ponorogo yang sapinya  mati akibat wabah  penyakit mulut dan kuku (PMK). Peternak terancam tidak akan mendapatkan dana bantuan  kompensasi dan bantuan dalam keadaan tertentu  darurat penyakit mulut dan kuku (PMK) yang regulasinnya sudah diturunkan oleh Kementrian Pertanian per 7 Juli 2022 melalui  keputusan no 518/KPTS/PK.300/m/7/2022 tentang pemberian  kompensasi dan bantuan dalam keadaan tertentu  darurat penyakit mulut dan kuku ( foot and mounth desease).   Karena Dinas Pertanian Ketahanangan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo hanya mendata ternak sapi mati yang ditangani petugasnya saja . Ternak  yang didata petugas adalah ternak yang terinfeksi PMK  yang ditangani oleh petugas Dipertahankan Ponorogo .

“ Ternak tadi tidak tercatat di kami  pemilik siapa, NIK berapa , ID ternaknya apa ? Tiba -tiba ternak itu mati, bagaimana bisa kita mencantumkan yang datanya di kami tidak ada.  Maka saran saya,  petugas swasta tadi melaporkan saja ke kami , agar punya Id ternak , kalo tidak puanya Id ternak. Problemnya sekarang ,  masih banyak masyarakat yang kepingin buru-buru ternaknya segera diobati tidak lapor ke stagas desa akhirnya ambilah mantri atau dokter praktek swasta . Akhirnya mereka tidak lapor ke kami, “kata Masun , Rabu 9 13/07/2022).

Riyanto , Ketua DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Ponorogo, Kamis ( 14/07/2022) di konfirmasi di kantornya menyampaikan pemerintah desa belum dilibatkan oleh Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan dalam penanganan PMK ini.

“Yang saya sayangkan sampai saat ini pemerintah desa belum dilibatkan dalam penanganan ini. Belum ada sosialisasi sampai ke tingkat desa dimana teman –teman lurah bisa ikut mendata, “jelas Riyanto , Ketua DPC PAPDESI sekaligus Kepala Desa Glinggang Kecamatan Sampung.  (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close