Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Disiplin Prokes. Dinas LH Ponorogo Minta Warga Isoman Kelola Sampah Dengan Baik

Dutanusantarafm- Warga Ponorogo yang harus menjalani isolasi mandiri karena terkonfirmasi covid 19 sampai hari ini jumlahnya lebih dari 2.700an orang. Mereka yang sedang menjalani isoman ini diminta bijak dalam mengelola sampah rumah tangga,untuk mengantisipasi penyebaran virus korona.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan Kabupaten Ponorogo Sapto Jatmiko mengatakan pihaknya telah mengambil kebijakan tersendiri dalam pengambilan sampah rumah tangga ini. Kebijakan itu antara lain memerintahkan kepada petugas persampahan untuk mengambil sampah setelah menumpuk di tempat sampah minimal satu hari. Kebijakan itu untuk menghindari adanya virus di sampah itu, atau jika ada virus biar mati dulu.
“Kita perintahkan agar jangan mengambil sampah yang baru,minimal satu hari setelah sampah menumpuk di tempat sampah” katanya.

Sapto menambahkan petugas sendiri belum tentu tahu sampah tersebut dari keluarga yang menjalani isoman atau tidak. Sementara pemberlakuan pengambilan atau pengelolan sampah rumah tangga dilakukan seperti biasanya. Pada bagian lain sampah rumah tangga yang dibuang di tempat sampah itu biasanya juga belum dipilah-pilah,atau masih campur.
“Sehingga sampah yang diambil petugas itu apakah ada virusnya atau tidak, tidak diketahuinya”imbuh Sapto.

Karena itu Sapto meminta kepada warga yang sedang menjalani isolasi mandiri karena terpapar virus korona untuk mengelola sampah di rumahnya dengan baik. Misalnya sampah medis seperti masker, tissue, bekas obat dipisahkan tersendiri. Kalau bisa dihancurkan terlebih dahulu sebelum sampah itu dibuang. Selain sampah medis dan bukan medis dipisahkan, sampah tersebut sebaiknya dibiarkan dulu minimal setengah hari sebelum dibuang ditempat sampah untuk diambil petugas. Saran yang lain adalah agar sampah dibuang pada tempatnya sehingga tidak berserakan kemana-mana karena tertiup angin. Dengan berperilaku hidup bersih diharapkan yang sehat terus terjaga kesehatanya, dan yang sedang sakit segera sembuh.

“Mari kita berperilaku bersih dan sehat saat dirumah, utamanya yang menjalani isoman”pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close