Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Dishub Ponorogo Lakulan Rekayasa Lalu Lintas Kawasan Kota

Dutanusantarafm-Manajemen rekayasa lalu lintas mulai diuji cobakan disejumlah ruas jalan di kota Ponorogo pada Rabu (04/08/2021). Uji coba dilakukan sebagai bagian rekayasa lalu lintas untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas atau kemacetan di sejumlah titik yang selama ini sering terjadi. Termasuk memberi kenyamanan warga saat melintasi jalan protokol.

Rekayasa itu dilakukan dengan perubahan arus lalu lintas dan perubahan penataan parkir.Untuk perubahan arus antara lain kendaraan roda empat yang melintas di Jl.Dr.Sutomo yang semula dari arah timur ke barat dirubah menjadi dari arah barat ke timur. Sedangkan untuk kendaraan roda empat yang melintas di Jl.Thamrin hanya untuk yang datang dari arah timur ke barat.

Kabid Dalops Dinas Perhubungan Ponorogo Kristanta menjelaskan perubahan arus lalu lintas khusus untuk roda empat di dua jalan itu dimaksudkan untuk mengurangi titik konflik di depan Okaz , untuk memperpanjang daerah tangkapan di Jl.Hos Cokroaminoto. Selain itu dengan diubahnya jalur roda empat di dua jalan itu agar penataan parkir di JL. Dokter Sutomo lebih mudah.

“Dengan melihat tata guna lahan Jl.Dr.Sutomo maka penempatan parkir di utara jalan juga dimaksudkan mengurangi kesemrawutan kendaraan, dan memudahkan penataan kendaraan” terangnya.

Kristanta mengatakan uji coba khusus roda empat itu akan dilakukan selama satu bulan, setalah itu menunggu arahan dari Bupati Ponorogo. Selain uji coba perubahan arus lalu lintas tersebut mulai Rabu pukul 17.00 sore sampai jam 05.00 pagi juga mulai dilakukan uji coba larangan parkir untuk roda empat di sepanjang jalan HOS Corkoaminoto.

Ia menambahkan pada uji coba parkir ini untuk kendaraan roda empat diminta untuk parkir di kantung parkir seperti didepan SMPN 1, JL.Pahlawan, JL. Dr.Sutomo, Jl.Siberut, dan Jl.Jaksa Agung Suprapto. Penataan parkir yang sdang diuji cobakan sekarang dimaksudkan warga masyarakat bisa menikmati kawasan jalan Hos Cokroaminoto lebih nyaman, dan kepadatan arus lalu lintas terkurangi.

“Tujuanya agar saat sore dan malam hari warga masyarakat bisa meniikmati jalur tersebut”pugkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close