Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota KitaSekitar Kita

Dinas Pariwisata Ponorogo Ajukan Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata ke Kemenparekraf

Dutanusantarafm-Dengan semakin melandainya kasus covid 19 di Kabupaten Ponorogo, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Oalahraga Ponorogo mengajukan ijin ke Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif untuk uji coba dibukanya kembali tempat-tempat wisata. Disbudparpora Ponorogo berharap ijin yang diajukan itu bisa dikabulkan, mengingat rasa rindu berwisata sudah lama dipendam warga Ponorogo.

Kepala Disbudparpora Ponorogo Agus Sugiarto mengatakan meski Kabupaten Ponorogo masuk level satu asesmen Kementerian Kesehatan menyangkut penanganan covid 19, namun untuk PPKM masih menerapkan level 3 sesuai keputusan Mendagri. Karena itu saat ini tempat-tempat wisata di Kabupaten Ponorogo belum boleh dibuka kembali.

Agus menjelaskan sebagai solusi agar tempat wisata bisa dibuka lagi maka pihaknya mengajukan ijin ke Kemenparekraf RI untuk bisa diujicobakan. Pengajuan ijin itu sudah disampaikan pekan kemaren, dan saat ini Disbudparpora Ponorogo masih menunggu balasan surat tersebut. Ia juga menambahkan pengajuan ijin untuk uji coba pembukaan tempat wisata itu atas saran dari kemenparekraf RI sendiri. Kemenparekraf selanjutnya akan melakukan asesmen sebelum memutuskan apakah layak diberikan ijin atau tidak.

“kita mengajukan ijin atas saran dari kemenparekraf RI” terangnya.

Untuk diberikannya ijin uji coba pembukaan tempat wisata harus memenuhi sejumlah persyaratan yang ditentukan. Misalnya seperti apa persiapan tempat wisata yang diajukan, bagaimana sarana prasarana untuk mendukung protokol kesehatan di tempat wisata dan lainnya. Agus menambahkan ada 7 tempat wisata yang diajukan untuk memperoleh ijin uji coba dibuka kembali. Tujuh tempat wisata itu antara lain kawasan wisata Telaga Ngebel , Mloko Sewu, wisata Ngembak, Wisata Biting, termasuk wisata Sendang Bulus Pager. Sedangkan untuk wisata religi saat ini belum satupun yang dimintakan ijin uji coba.

“apabila wisata alam diijinkan,wisata religi akan kita usulkan berikutnya” pungkasnya. (de).

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close