Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Di Buka Untuk Umum, Pringgitan Pamerkan Model Tata Rambut dan Perhiasam Era Majapahit

DUTANUSANTARAFM.COM : Pringgitan atau Rumah Dinas Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat ini disulap menjadi pentas fashion show gaya rambut klasik jaman Majapahit sampai beberapa waktu kedepan. Masyarakat dapat melihat berbagai model tata rambut, tata busana bahkan  perhiasan yang ngetren pada masa pemerintahan Patih Gajah Mada itu.

“Luar, biasa ternyata gaya tata rambut para perempuan  pada masa Majapahit  cukup indah, unik dan nyentrik juga tak kalah dengan era sekarang. Ini bisa jadi referensi generasi sekarang yang suka akan fashion , gaya tata rambut  bahkan perhiasannya. Bagaimana di masa 1300 tahun yang lalu sudah ada 12 gaya  tata rambut,   ini cukup mengesankan untuk di pelajari dan diketahui oleh generasi muda, “ ungkap Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko kepada Dutanusatarafm.com, Rabu (22/12/2021)

Kang Giri juga menyampaikan  masyarakat umum  bisa mengunjungi   Pringgitan  jika ingin melihat  12 prototype model-model perempuan- perempuan cantik  Jaman Majapait. Ini segaligus permulaan dari rencana Pemerintah Kabupaten Ponorogo dalam mengawali rencana  pembuatan musium peradapan yang rencannya di tempatan di Kecamatan Sampung.

Diketahui, di Pringgitan sebagai tempat digelarnya  museum temporar  masyarakat bisa melihat 14 temporary  yakni 12 patung  wanita Majapahit, satu patung Patih Gajah Mada serta satu Candi Bajang Ratu dengan biorama masyarakat  Majapahit. Pada model  perempuan cantik  dengan tata rambut di hiasi dengan Bunga Kamboja memakai  giwang silinder  dan  memakai  kalung  dengan liontin batu Kecubung motif tepung mengendap yang berasal dari Kalimantan Timur.  Ada juga model dengan  tata rambut sanggul bersusun 3 memakai  kalung dengan  liontin mineral bermotif  Bumi Alun Segoro.

 

“ Saya ingin  mengingatkan  kembali kepada generasi sekarang  tentang  peradapan dan kebudayaan nenek moyang kita yang luar bisa yang masih bisa kita pelajari dan menjadi motivasi kita ke depan  harus bisa lebih besar dan lebih luar biasa, “kata Sugiri Sancoko. (wid)

 

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close