Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Bupati Sugiri Sancoko : “Pernikahan Dini Menurun, Stunting akan mengikuti”

Dutanusantarafm- Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Ponorogo mempublikasikan hasil pendataan keluarga tahun 2021, pada Selasa (21/12/2021). Menariknya dari hasil pendataan itu diketahui pernikahan dini di Kabupaten Ponorogo angkanya terus menurun, dan kini berada di kisaran 8 persen.

Saat ini pernikahan dini di Jawa Timur berada di angka 16 persen, atau dua kali dari Kabupaten Ponorogo. Menurunya kasus pernikahan dini ini diharapkan akan berdampak pada meningkatnya kualitas hidup keluarga. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat publikasi hasil pendataan keluarga tahun 2021 di Gedung Terpadu Selasa (21/12/2021) menyampaikan penurunan angka pernikahan dini tersebut berkorelasi dengan perencanaan keluarga. Dengan tidak tergesa-gesa untuk menikah pada usia muda berarti rencana membangun keluarga dipersiapkan lebih baik.

“Harapanya menurunya angka penikahan dini maka perencanaan membangun keluarga semakin baik” ucapnya.

Angka pernikahan dini Kabupaten Ponorogo masih dibawah rata-rata Jawa Timur, yang artinya upaya yang dilakukan selama ini untuk menekan pernikahan dibawah umur telah membuahkan hasil. Sugiri juga mengatakan kasus pernikahan dini yang terus menurun diyakininya akan berdampak juga terhadap menurunya angka stunting di Ponorogo. Stunting bisa terjadi salah satunya karena anak lahir dari pasangan pasangan muda yang belum siap berumah tangga.

“saya yakin stunting juga akan semakin turun angkanya. Jika penirkahan dini juga menurun” imbuh Sugiri.

Perencanaan keluarga semakin baik targetnya akan meningkatkan kualitas generasi penerus di Kabupaten Ponorogo. Pada bagian lain hasil pendataan penduduk yang mencakup banyak hal itu akan menjadi acuan Pemkab Ponorogo dalam membuat perencanaan kebijakan pembangunan lebih tajam, dan tepat sasaran. Apalagi pembangunan sumber daya manusia adalah bagian penting dan menjadi skala prioritas dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Data ini sangat penting, kita akan gunakan untuk membuat kebijakan pembangunan kedepan” pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close