Dinamika AktualKabar Kota Kita

Bulog Ponorogo Tunggu Instruksi Pusat, Soal Operasi Pasar Cabai

Dutanusantarafm- Harga cabai rawit di Kabupaten Ponorogo terus mengalami kenaikan hingga menembus harga Rp 100.000 per kilogram ditingkat konsumen. Badan urusan Logistik (Bulog ) Cabang Ponorogo siap mengadakan operasi pasar jika ada perintah dari Bulog Pusat.

Kepala Bulog Kantor Cabang Ponorogo Eko Yudi Miranto mengatakan sampai saat ini belum ada instruksi dari Bulog Pusat terkait operasi pasar cabai rawit.

“ Jika ada instruksi kita siap melaksanakannya, namun sampai hari ini belum ada” terangnya.

Ia mengatakan harga cabai rawit memang terus mengalami kenaikan dalam beberapa pekan ini. Harga cabai sebelumnya berkisar Rp50.000 per kilogram, kini ditingkat konsumen sudah mencapi Rp. 100 ribu/kilogram. Bulog Ponorogo selain menunggu instruksi dari pusat, saat ini juga berkoordinasi dengan dinas Perdagkum Ponorogo.

Termasuk sayuran maka Cabai akan cepat busuk jika tidak disimpan dengan baik. Karena itu jika ada rencana pengadaan cabai rawit maka harus cepat tersalurkan. Hal itu berbeda dengan beras yang bisa disimpan dalam waktu lebih lama.

Eko menambahkan selain menyangkut penyimpanan dan sasaran operasi pasar cabai, maka yang harus dipertimbangkan adalah menyangkut fluktuasi harga. Harga sayuran seringkali fluktuatif sehingga saat operasi pasar harus cepat habis dan tidak boleh terlalu lama disimpan.
“ Harga fluktuatif, kadang ceat naik begitu pula kadang cepat turun” imbuhnya.

Bulog menjalankan fungsi utama dalam pengadaan beras, karena itu soal operasi pasar cabai ini tidak akan tergesa-gesa mengambil langkah tanpa ada perintah dan koordinasi dengan instansi terkait. Jika bulog sudah ada perintah maka tidak perlu waktu lama untuk menindaklanjutinya. Bulog sudah punya pengalaman dalam operasi pasar cabai , sehingga tahu daerah mana yang menjadi sentra produski cabai di Jawa Timur.

“Adapun sentra cabai di jatim tersebut antara lain Kabupaten Kediri dan Malang”. Pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close