Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Bulan Ramadhan. Vaksinasi Oleh Dinkes Ponorogo Tetap Jalan

Dutanusantarafm-Program vaksinasi covid 19 di Kabupaten Ponorogo akan terus berlanjut di bulan ramadhan. Dinas Kesehatan Ponorogo akan melakukan vaksinasi dosis kedua untuk yang sudah terjadwal waktunya meski bertepatan di bulan puasa ramadhan.

Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini mengatakan ada sekitar 200 lansia calon haji yang akan divaksin pada bulan puasa ramadhan. Kebetulan jadwal vaksin kedua memang berada di bulan puasa, sehingga vaksinasi tidak akan ditunda.

Sementara itu vaksinasi dosis pertama untuk sasaran yang lainnya tergantung dengan kedatangan vaksin di Ponorogo. Misalnya pada Jum;at kemaren Dinkes Ponorogo telah menerima kembali vaksin dari kementerian kesehatan RI. Rahayu menjelaskan pemakaian vaksin yang baru datang itu otomatis tidak boleh ditunda terlalu lama. Apalagi daftar calon peserta yang akan divaksin sebelumnya telah disiapkan. Dengan begitu pelaksanaan vaksin akan dilakukan pada bulan ramadhan.
“Kalau kita menerima vaksin lagi, ya segera dilakukan vaksinasi meski pas berada di bulan ramadhan” terangnya.

Ia menjelaskan berdasarkan dengan fatwa yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) vaksinasi tetap boleh dilakukan meski orang sedang berpuasa. Karena itu saat vaksinasi covid 19 oleh Dinas Kesehatan tidak terpengaruh dengan bulan puasa ramadhan. Untuk pelaksanaanya di bulan puasa nanti rencananya seperti sebelumnya yaitu mulai pagi hari sampai dengan selesai.
“jadwal vaksin di bulan puasa tidak berubah, sama seprti sebelumnya”pungkasnya.(de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close