Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota KitaSekitar Kita

BPBD Ponorogo Aktif Survey Desa Berpotensi Krisis Air Bersih

Dutanusantarafm-Mengantisipasi kekurangan air bersih BPBD kabupaten Ponorogo aktif melakukan survey ke sejumlah desa di Ponorogo. Survey utamanya dilakukan di desa-desa dimana warga setempat mulai mengalamj kendala dalam mendapatkan air bersih.

Kabid kedaruratan dan logistik BPBD ponorogo Setyo Budiono mengatakan sebelumnya ada beberapa desa yang melaporkan adanya kendala mendapatkan air bersih seperti Desa Candi dan Desa Suren Kecamatan Mlarak serta Desa Duri Kecamatan Slahung.

Budi menjelaskan petugaspun langsung melakukan survey di desa-desa tersebut. Kendala air bersih yang dialami oleh warga yang tinggal di Desa Candi dan Suren Kecamatan Mlarak diketahui karena gangguan aliran air PDAM, bukan karena sumbernya yang sudah tidak lagi mengeluarkan air. Artinya pasokan air masih mencukupi hanya saluranya yang debitnya mengecil karena ada gangguan.
“setelah kita cek ternyata permasalahanya pada saluran air PDAM” terangnya.

Budi menambahkan sedangkan hasil survey di Desa Duri Kecamatan Slahung dukuh jenggring diketahui bahwa debit airdari sumurbm dalam mulai mengecil. Sumur tersebut berada sekitar 700 meter dari perkampungan warga setempat. Karena debit air mengecil maka pasokan air mulai tidak seimbang dengan kebutuhan warga.

Khusus Dukuh Jenggring BPBD intens melakukan komunikasi dengan kepala Desa setempat. Droping air kemungkinan besar akan mulai dilakukan apabila dalam satu dua hari ini di daerah tersebut tidak turun hujan.

“kita siap droping air bersih ke Dukuh Jenggring jika memang sudah waktunya” pungkas Budi. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close