Home / Dinamika Aktual / Kabar Kota Kita

Selasa, 5 Juli 2022 - 18:41 WIB

Berbeda Pelaksanaan Sholat Idhul Adha 1443 H, PDM Himbau Tetap Jaga Toleransi

Dutanusantarafm.com- Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Ponorogo menetapkan Idhul Adha 1443 H jatuh pada Sabtu (9/07 2022). Meski berbeda dengan pemerintah, yakni Minggu (10/07 2022) PDM meminta agar seluruh umat muslim tetap menjaga toleransi.

Kepala Kantor PDM Ponorogo, Samuri mengungkapkan penetapan pelaksanaan sholat tersebut berdasar pada maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM) nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tertanggal 3 Februari.

Dalam maklumat itu, disebutkan penetapan berdasar pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomi Majelis Tarjih dan Tajdid PPM.

“Hari Raya Idhul Adha,10 Zulhijah 1443 Hijriyah, jatuh pada Sabtu Legi 9 Juli 2022. Jadi sholat Id kami laksanakan pada hari tersebut,” jelasnya saat ditemui di kantor PDM Kabupaten Ponorogo Selasa (5/07 2022).

Untuk tahun ini, lanjut Samuri pelaksanaan sholat Idhul Adha bisa digelar di masjid lingkungan masing masing dengan tetap memperhatikan prosedur kesehatan atau prokes.

Sedangkan untuk wilayah kota, sholat akan dilaksanakan di Lapangan Stadion Bathoro Katong. Yakni dimulai pukul 05.30 WIB, sampai selesai.

“Untuk jumlah jamaah, kami belum bisa memastikan karena ini masih dalam suasana pandemi. Tapi semoga saja, itu tidak menjadi halangan kekhusyu’an dalam menjalankan ibadah,” imbuhnya.

Terkait perbedaan pelaksanaan sholat Idhul Adha, Samuri menghimbau kepada seluruh umat muslim khususnya perserikatan muhammadiyah agar selalu menjaga toleransi sesama umat.

Menurutnya, perbedaan pelaksanaan ibadah kali ini bukanlah hal yang perlu diperdebatkan. Karena masing-masing penetapan memiliki teknik dan cara penghitungan berbeda, yang kesemuanya sah dan benar sesuai metodologi dan keilmuan masing-masing. (Umi Duta)

 

Berita ini 2 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Pungutan Dana Sertifikasi Guru, Dalihnya Demi Peningkatan Kopentensi Spiritual dan Sosial

Dinamika Aktual

Korban Petasan Balon Udara di Desa Muneng Balong Ponorogo Meninggal di Surabaya

Dinamika Aktual

Bupati Sugiri Sancoko Melepas Keberangkatan 620 Jemaah Haji Ponorogo, Ini Pesannya

Dinamika Aktual

Pengendara Motor Tewas, Laka di Plampitan Setono Jenangan

Dinamika Aktual

Petasan Meledak Tengah Malam, 2 Remaja di Jambon Terluka

Dinamika Aktual

Nihil, KPU Ponorogo Pastikan Tidak ada Calon Perseorangan Pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Aneka Penanda Unik pada Koper Jemaah Haji Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Sugiri Lisdyarita Mendaftar di Demokrat, Pengurus Beberapa Parpol Ikut Mengantar