Home / Highlight News / Kabar Kota Kita

Senin, 11 Mei 2020 - 05:25 WIB

Banyak Petani Ponorogo Bertanya Tanya Penyebab Turunnya Produktivitas Padinya

Para petani Ponorogo merasa heran dengan hasil panennya yang merosot tajam padahal tanamannya cukup bagus dan tidak ada serangan hama . Mereka bertanya tanya apa yang menyebabkan hal tersebut padahal tidak ada serangan hama .

DUTANUSANTARAFM.COM: Petani di Ponorogo  pada musim panen ini dibuat heran dengan hasil panen mereka.  Pasalnya mereka  merasa  njembleng , heran, dan di penuhi pertanyaan  kenapa tanaman padinnya yang  terlihat bagus, bulir padinya terlihat mentes dan  tidak ada serangan hama sama sekali  tapi hasilnya kok turun drastis.  Padahal , para petani ini juga melakukan pemupukan yang berimbang .Namun  produksi padai yang biasannya  9 kwintal hingga 12 kwintatal per 1400 m2 atau per kotak, kini hanya dapat 6 hingga 7 kwintal saja.      

Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian, Perikanan  dan Ketahanan Pangan  kabupaten  Ponorogo  Medy Susanto  menjelaskan  penyebab  menurunnya produksi padi petani saat ini adalah kaean factor alam. Tidak ada  kesalahan teknis  seperti pemupukan  dan pengolahan tanah atau pengendalian hama . Hanya saja  factor alam  di mana kekurangan penyinaran  matahari yang menyebabkan bulir padi tidak mentes.

“Supaya menghasilkan produksi  padi yang bagus, bulir padi harus mentes dan agar mentes  dibutuhkan panas 100 % tapi musim tanam kemarin kurang penyinaran. Akibat  kekurangan penyinaran  proses asimilasi menjadi tergangu sehingga  bulir padi tidak mantes dan tidak bernas.Prinsipnya semua tanaman yang berdaun runcing butuh panas yang cukup sementara  tanaman berdaun lebar tidak terlalu butuh sinar matahari banyak .Sehingga secara teknis tidak ada kesalahan petani yang menyebabkan produksi padainnya merosot,”terang  Kabid Tanaman Pangan dan Holikulura Dinas Pertanian  Ponorogo kepada Dutanusantarafm.com.    

Berita ini 35 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Dinamika Aktual

Sosialisasi Tribina Menyongsong Kampung KB Kelurahan Kepatihan Ponorogo

Dinamika Aktual

Kabar Duka, Jemaah Haji asal Desa Lengkong Sukorejo Ponorogo Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Titiek Soeharto Resmikan Monumen Patung HM Soeharto di Badegan, ini Harapannya.

Dinamika Aktual

Nasdem Pasangkan Ipong Muchlissoni – Segoro Luhur pada Pilkada Ponorogo 2024

Dinamika Aktual

Motor Roda Dua Vs Mobil Ambulans Desa di Pulung, Satu Korban Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

DPRD Ponorogo Terbaik Dua JDIH Tingkat Provinsi Jatim

Dinamika Aktual

Tumbur Mobil Parkir di Siman, Pengendara Motor Roda Dua Meninggal Dunia

Dinamika Aktual

Sawoo Reborn, Korban Pungli Tolak Upaya Pengembalian Kerugian