Dinamika AktualKabar Kota Kita

Antisipasi Gangguan, PLN Ponorogo Terjunkan Tiga Regu Setiap Harinya

Dutanusantarafm- Manajer PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ponorogo Joko Prasetyo mengatakan setiap hari ada tiga regu yang bertugas untuk mengantisipasi dan meminimalisir gangguan jaringan listrik, yang diakibatkan antara lain karena adanya pohon tumbang dan longsor. Untuk antisipasi gangguan jaringan oleh pohon rimbun atau tumbang, regu infeksi bertugas untuk melakukan survey dan pengecekan di lapangan. Jika ditemukan ada pohon rimbun yang bisa membahayakan dan mengganggu jaringan karena letaknya sangat dekat, maka regu infeksi akan melaporkannya kepada regu preventif.

Joko menjelaskan regu preventif ini selanjutkan akan merabas atau memotong pohon yang berada didekat jaringan listrik tersebut. Jika tidak segera dipotong dikhawatirkan bisa menyebabkan korsleting atau gangguan jaringan. PLN akan berkoordinasi terlebih dahulu dengan pemilik pohon sebelum dilakukan perbasan atau pemotongan.

“Kalau pohon itu milik warga petugas akan meminta ijin dulu ke warga, kalau milik daerah berkoordinasi dulu dengan dinas terkait” terangnya.

Selain itu regu infeksi juga melakukan pengecekan terhadap kondisi atau konstruksti tiang jaringan apakah aman, berpotensi roboh atau tidak. Untuk di daerah pinggiran , dekat tebing, tiang-tiang listrik dalam pengawasan khusus petugas, Sedangkan untuk regu korektif setiap hari bertugas melakukan penanganan terhadap gangguan jaringan misal karena tiang roboh, jaringan lepas dari tali dan sebagainya.

“Seluruh petugas telah dibekali prosedur, peralatan kerja dan safety yang handal. Mereka akan mengerjakan sesuai dengan tugas pokoknya” jelasnya.

Untuk PLN ULP Ponorogo jaringan kabel listrik yang dilakukan inspeksi rutin dan pengecekan mencapai 548.991 kilometer sirkuit (kms). Ia menyebut kebanyakan jaringan dipinggir jalur utama, sebagian berada di wilayah pingiran atau pegunungan. Karena itu selain konsentrasi pada pohon rimbun, pohon rawan tumbang di dekat jaringan listrik kawasan perkotaan , PLN juga fokus daerah rawan longsor. Hal itu tidak lepas gangguan terhadap jaringan listrik karena bencana hidrometeorologi pada musim hujan bisa berpotensi meningkat. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close