Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita
Trending

402 Sapi Ponorogo Terinfeksi PMK, Peternak Lakukan Bio Security

DUTANUSANTARAFM.COM: Peternak Di 9 Kecamatan Di Ponorogo seperti Kecamatan Pudak  dan Kecamatan Balong yang sapinya terinfeksi penyakit kuku dan mulut ( PMK ) saat ini melakukan isolasi. Peternak Ponorogo cukup akomodatif dan komunikatif dengan petugas peternakan Dinas Pertanian  Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Ponorogo dalam melakukan upaya pemulihan dan pencegahan penyebaran.  Jumlah sapi yang terinfeksi PMK saat ini adalah 402 ekor, dampak terbesar dirasakan oleh peternak sapi perah karena produktifitas susu sapi turun drastis.

“Atas kasus PMK  di Ponorogo  saat ini  sikap peternak  cukup enak untuk  diajak koordinasi. Mereka malah sudah tahu dan paham terkait Bio Security seperti  isolasi, tidak boleh masuk kandang, penyemprotan disinfektan , pengedalian lalu lintas , “terang Masun, Jumat ( 03/06/2022) , di kantornya.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (Dispertahankan) Kabupaten Ponorogo Masun, Jumat  ( 03/06/2022)  menyampaikan sapi-sapi yang terinfeksi PMK , ada sapi perah dan juga sapi potong.  Kategori Ponorogo saat ini masuk dalam daerah tertular  sehingga dalam kebijakan pemerintah bisa melakukan penutupan pasar untuk sementara waktu. Namun Ponorogo masih melakukan evaluasi terkait hal tersebut

“Untuk sementara waktu ini kita  melakukan 3 penting. Pertama, tindakan kuratif seperti  rehabilitasi,  pengobatan dan pemberian vitamin. Kedua, tindakan Preventif  yaitu melakukan isolasi, penyekatan, penyemprotan disinfektan. Sedangkan tindakan ke 3, adalah melakukan tindakan  promotif , seperti vaksinasi. (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close