Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

UMKM Ponorogo Tetap Tumbuh Di Masa Pandemi

DUTANUSANTARAFM- Sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) membuktikan tetap bertahan bahkan terus berkembang di saat pandemic covid-19. Dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP) Kabupaten Ponorogo mencatat investasi dari pengusaha UMKM yang paling banyak ditanamkan sepanjang tahun 2020 ini.

Seperti yang disampaikan Kepala DPMPTSP Sapto Djatmiko bahwa masa pandemi covid-19 tidak banyak mempengaruhi investasi yang masuk ke Ponorogo. Investasi yang tercatat sampai awal Desember ini sduah lebih dari 1 triliun rupiah hampir sama dengan tahun 2019 kemaren. Menariknya investasi yang banyak ditanamkan di Ponorogo tersebut mayoritas adalah sektor UMKM. “jarang sekali usaha besar yang dibuka di Ponorogo “ terangnya.

Sapto menyebut sektor UMKM yang banyak tumbuh dan berkembang di masa pandemi korona belakangan ini. Para pengusaha UMKMlah yang banyak mendaftarkan usahanya ke DPMPTST, baik secara on line maupun manual dengan datang ke kantor. Adapun besar investasi yang ditanamkan kelompok UMKM ini rata-rata 500 juta rupiah sampai 1 Milyar rupiah. Sedangkan jenis usaha yang banyak ditekuni antara lain kafe dan rumah makan. “Dua jenis usaha ini yang belakangan tingkat pertumbuhannya meningkat” terangnya.

Lalu bagaimana dengan investasi di tahun 2021 mendatang.? Sapto berharap perekonomian ditingkat nasional dan daerah terus membaik. Demikian juga kasus covid-19 di Indonesia dan Ponorogo pada khusunya semoga saja akan terus menurun bahkan sudah tidak ada lagi. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close