GalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat ,Kesehatan Bayi Dan Ibu Jadi Perhatian Serius


Dutanusantarafm-Pembangunan sumber daya manusia menjadi bagian penting dalam pembangunan nasional saat ini. Kesehatan merupakan modal berharga untuk menunjang pembangunan disegala bidang. Sesuai dengan tema hari kesehatan nasional tahun 2020 Satukan tekad menuju Indonesia sehat, kesehatan bayi dan ibu melahirkan termasuk didalamnya.

Pembangunan dibidang kesehatan di kabupaten Ponorogo tidak luput dari dua hal yaitu angka kelahiran hidup bayi dan kesehatan ibu melahirkan. Kepala Dinas kesehatan Ponorogo Rahayu Kusdarini usai upacara hari kesehatan nasional kamis (12/10/2020) mengatakan tema hari kesehatan nasional 2020 sejalan dengan apa yang sudah dilakukan pemkab dan dinas kesehatan yaitu meningkatkan kesehatan bayi dan ibunya.


Ia menyebut angka kematian bayi di Ponorogo terus mengalami penurunan dalam 4 hingga 5 tahun terakhir. Saat ini angka kematian bayi di Ponorogo berada pada angka12,46 perseribu kelahiran hidup dibawah angka nasional 23 perseribu kelahiran hidup. Capaian kabupaten Ponorogo dalam penanganan bayi ini lerbih bagus dari kasus nasional.


Selain kematian bayi yang terus menurun angka kematian ibu saat melahirkan juga mengalami progress yang sama. Pada tahun 2016 angka kematian ibu 174 perseratus ribu kelahiran hidup dan tahun 2020 turun menjadi 105,46 perseratus ribu kelahiran hiudp. Adapun angka stanting tahun 2016 adalah 26,3 tahun 2020 turun menjadi 16,9 persen. Angka stanting di Ponorogo ini masih berada dibawah 20 atau angka nasional .


Rahayu menambahkan Dinas Kesehatanpun akan terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dimasa-masa mendatang. Hal itu penting sekali karena peningkatan sumber daya manusia akan sangat mempengaruhi kesuksesan bidang-bidang lainnya. Caranya antara lain dengan meningkatkan kualitas pelayanan,saran prasarana dan peningkatan kualitas tenaga kesehatan itu sendiri. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close