Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Raih Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya , Sugiri Sancoko Perlu Kerja Konrit Di Masyarakat

DUTANUSANTARAFM.COM : Ponorogo- Pemerintah Kabupaten Ponorogo  meraih Penghargaan  Anugerah Parahita Ekapraya kategori madya dalam pengarus utamaan gender  tahun 2020 yang diumumkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( P3 A), Rabu (13/10/2021) melalui virtual zoom.  Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko didampingi Sekdakab Agus Pramono dan Kepala Dinas Sosial P3A Supriadi mengikuti  acara penerimaan panugerahan parahita eka praya  di Gedung Pusdalops  secara daring mengingat masih dalam situasi Pandemi covid-19.  Pengarusutamaan gender (PUG) adalah strategi pembangunan. Strategi PUG diperlukan untuk memastikan semua lapisan masyarakat bisa terlibat dalam proses pembangunan. Sehingga diharapkan pembangunan yang dilaksanakan bisa bermanfaat untuk semua.

“Besyukur kita hari ini mendapatkan penghargaan Aguerah  Parahita Ekapraya dalam pengarus utamaan gender ini. Harapan saya ini bukan sekedar slogan saja, harus riil dan konkrit dan benar-benar nyata dilapangan . Semua masyarakat tanpa terhalang diskriminasi gender bisa ikut serta dalam pembangunan bangsa, “terang Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko , Rabu (13/10/2021)

Pada dasarnya tujuan dari pengarusutamaan gender adalah untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. Kesetaraan gender bermakna bahwa laki-laki dan  perempuan dapat berkembang dan berperan optimal dalam pembangunan  tanpa terkendala oleh  jenis  kelaminnya.

“Kita membutuhkan peran perempuan dalam pembangunan. Untuk pengarus utamaan gender ini sudah pula tertuang dalam  Nawadharma nyata saya , seperti  program perempuan hebat. Harapannya , kedepan kita harus kerja bersama  mengakomodasi kesetaraan gender dalam pembangunan sehingga tahun depan kita bisa meraih ketegori utama atau mentor, “ungkap Sugiri.

Sementara itu menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( P3 A), Bintang Puspayoga dalam sambutannya  menyampaikan dalam evaluasi hasil pembangunan berperpetif gender ada beberapa indicator  diantaranya indeks Pembangunan gender (IPG) dan indeks pemberdayaan gender (IPG). Stategipengarus utamaan gender ini harusnya adalah strategi yang melandasi  pembangunan yang tidka membedakan laki –laki dan perempuan sehingga mampu menikatkan perekonomian .

“Sehingga mewujudkan kesetaraan gender adalah sangat relevan saat ini, “ungkap Menteri  P3A Bintang Puspayoga. ( wid)

 

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close