Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Program Kampung Zakat Terpadu Di Desa Pohijo Kecamatan Sampung, Solusi Di Masa Pandemi

Dutanusantarafm- Plt Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur Moh Nurul Huda memberikan apresiasi yang luar biasa dengan diresmikannya Program Kampung Zakat Terpadu Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo bersama mitra di Desa Pohijo Kecamatan Sampung pada Kamis (22/07/2021). Apresiasi diberikan karena dimasa pandemi seperti sekarang ini kemenag Ponorogo bersama Baznas,LAS,Lazis, perguruan tinggi dan mitra yang lain tidak berhenti melakukan kebaikan.

Moh Nurul Huda dalam arahanya secara daring menyampaikan program kampung zakat terpadu di Desa Pohijo bisa direalisasikan karena adanya Koordinasi informasi integrasi dan sinkronisasi yang bagus.

“ Ini bisa terwujud karena KIIS dijalankan dengan baik” terangnya.

Karena itu ia mengajak untuk saling bahu membahu,berkolaborasi kemenag bersama semua lini untuk membantu mengatasi permasalahan di masyarakat. Menurutnya ada dua kefakiran atau kekurangan yang saat ini harus segera diselesaikan bersama. Kefakiran pertama adalah di dunia pendidikan, dan kedua kekurangan dalam hal ekonomi.

“Ada dua kefakiran yang menjadi pekerjaan saat ini yaitu dalam dunia pendidikan dan ekonomi”ungkapnya.

Ia mengatakan untuk mengatasi permasalahan pendidikan antara lain dengan memberikan beasiswa bagi anak-anak kurang mampu yang mempunyai semangat belajar tinggi. Untuk itu yang diharapkan ada sinergi dengan sekolah, dan perguruan tinggi yang ada di Ponorogo. Sedangkan untuk permasalahan yang kedua kefakiran dalam hal ekonomi maka masing-masing bisa bekerja sesuai dengan kemampuan, kreatifitasnya dengan memperhatikan kearifan lokal.

Program kampung zakat terpadu akan luar biasa apabila dibreakdown seluruh elemen yang ada. Dengan begitu kemiskinan tidak akan terjadi di lingkungan sekitar.

“Program ini diharapkan mampu meningkatkan harapan dan taraf hidup masyarakat”imbuhnya.

Seperti yang dipesankan Menteri Agama RI yang harus terus ditumbuhkan sekarang adalah membangun moderasi beragama, adanya keberagaman membangun rasa kebersamaan dengan mempunyai rasa empati untuk menjalin persaudaraan yang tidak mudah terprovokasi.

Sementara itu kepala kantor Kemenag Kabupaten Ponorogo Syaikhul Hadi menyampaikan peresmian ini dilakukan dengan protokol kesehatan ketat, cepat dan terbatas. Karena itu pelaksanaanya dilakukan secara luring dan juga daring. Kemenag Ponorogo bersama mitra sudah lama memimpikan dan mendambakan terwujudnya Kampung Zakat terpadu ini. Dengan persiapaan dalam beberapa bulan dicapainya kesepahaman akhirnya bisa dimulai kerja bersama dan menemukan urgensinya. Kemenag Ponorogo menyampaikan terima kasih kepada seluruh mitra yang ada sehingga bisa membentuk pilot project di desa Pohijo.

“terima kasih kepada semua mitra yang telah mewujudkan kampung zakat di Desa Pohijo ini” ucapnya.

Program yang akan dilakukan selama satu tahun ini akan terus dievaluasi, jika berhasil akan dikembangkan di desa-desa yang lain guna memaksimal dan optimalisasi zakat. Ia berharap program yang diberikan bisa membantu bermanfaat utamanya dalam menghadapi pandemi covid 19.

Pada kesempatan tersebut diserahkan hewan kurban dua ekor sapi dan 10 ekor kambing oleh Kepala Kemenag Ponorogo kepada kepala desa Pohijo Hartanto, dan penyerahan secara simbolis beberapa program untuk diteruskan kepada yang menerima. Sebagai wujud komitmen bersama dalam progam kampung zakat ditandatangani MOU oleh Kemenag Ponorogo, baznas, dan para mitra yang disaksikan kepala desa Pohijo Sampung.


Adapun Planing program kampung zakat terpadu di Desa Pohijo Kecamatan Sampung Ponorogo 2021-2022 oleh Kemenag bersama BAZNAS. IAIN ponorogo NU CARE-LAZISNU. LAZISMU, yatim Mandiri LMI, BMH. Unida Gontor. Ummat Sejahtera, DMI, KKPAI, AL ITTIHAD meliputi lebih dari 30 kegiatan. Kegiatan itu antara lain penyembelihan hewan kurban, penyerahan bantuan pemberdayaan ekonomi dhuafa, bantuan duafa biaya seumur hidup, bedah rumah dhuafa, bantuan sarana tpq/tpa, bantuan paket sembako, nantuan supergizi qurban, Bantuan kids school, beasiswa SD sampai S 1, mondok gratis mts, bantuan guru tpq, bantuan ukm, santunan muharam, edukasi sadar zakat, Bantuan kambing bergulir peternak dhuafa, manajemen masjid dan lainnya.

Kepala desa Pohijo Hartanto menyampaikan banyak terima kasih atas dipilihnya desa Pohijo dalam Program kampung zakat terpadu. Harapannya semua bisa bersinergi dalam mewujudkan Desa Pohijo yang semakin sejahtera, maju.

“Program ini sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh warga Pohijo” pungkasnya. (adv)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close