Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Presiden Joko Widodo; Waduk Bendo menggenangi 7.800 Hektar Pesawahan Produktivitas Petanian Diharapkan Meningkat

DUTANUSANTARAFM.COM : Ponorogo, Waduk Bendo yang berada di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo akhirnya selesai di Bangun dan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo , Selasa ( 07/09/2021). Didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono , Presiden Jokowi meresmikan beroperasinnya Waduk Bendo ditandai dengan pemutaran roda pintu air. Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyampaikan   waduk bendo ini dibangun dengan anggaran Rp 1,1 trilyun secara multiyears. Bendungan ini memiliki kapasitas 43 juta meter kubik tinggi bendungan 74 meter mampu mengairi  7.800 hektar sawah dan juga pasokan air baku 370 liter perdetik.

Pemerintah pusat melalui kementrian PUPR tahun 2021 ini tengah membangun dan telah diselesaikan  17 bendungan termasuk Waduk Bendo yang juga dapat mengurangi dan mereduksi banjir sebesar 31%. Bendungan Tukul di Jawa Timur, Bendungan Tapin, Bendungan Napung Kete di NTT, Bendungan Sidang Heula di Banten, Bendungan Kuningan, Way Sekampung di Lampung, Bendungan Pas loreng,  Bendungan Karaloe, Bendungan Landongi, Bendungan Lintang Bano, Bendungan Ci Awi, Bendungan Sukamahi, Bendungan Tugu,  Bendungan Kongseng, Bendungan Pidekso dan Bendungan Marga Tiga.

“Saat ini pengerjaan bendungan sudah selesai dan rampung, serta mulai difungsikan. Pesan saya ,jaringan irigasi ini  diharapkan nantinnya dapat dimanfaatkan dengan  sebaik-baiknya. Di bidang pertanian akan mendapat pasokan air melalui bendungan ini sehingga para petani –petani mampu meningkatkan produktivitas ,” kata Presiden (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close