Dinamika AktualKabar Kota Kita

Ponorogo Supermaket Bencana, Antisipasi Pemkab Gelar Apel Kesiapsiagaan Pasukan dan Peralatan

DUTANUSANTARAFM.COM :  Ponorogo-  Wilayah Kabupaten Ponorogo bisa disebut sebagai  Supermaket Bencana alam. Karena setiap tahun ada 9 kerawanan bencana yang selalu terjadi di Ponorogo diantara 12 bencana alam yang ada di Indonesia. Sehingga perlu dilakukan langkah antisipasi  sedini mungkin untuk menghindari orban yang besar  jika bencana terjadi.  Antisipasi dinatarannya dilakukan dengan menggelar  menggelar apel gelar pasukan  dan perlengkapan dalam kesiapsiagaan  penanggulangan bencana hidrometeorologi tahun 2021, Senin (26/10/2021) bertempat di Aloon-aloon kota Ponorogo. Selain mensiagakan pasukan seperti dari unsur personil  baik  TNI , Polri, Tagana, Dinsos , PMI, BPBD, Perhutani , PLN dan relawan. Apel juga menyiagakan peralatan  untuk membantu memperlancar proses evakuasi.  Apel yang melibatkan  banyak stikholder tersebut dalam setiap peletonnya saling bercampur  sebagia wujud bahwa untuk penanggulangan bencana perlukan sinergitas dan kegotong royongan dengan banyak pihak.

Dipimpin oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko didamping jajajran forkopimda , apel gelarpasukan dan perlatan kesiapsiagaan bencana mengantisipasi bencana Hidorologi juga mengecek kesiapan pasukan dan mgecek kesiapan perlengkapan. Pengecekan secara fisik ini dilakuakn agar ketika  terjadi keadaan darurata  atau terjadi bencana semua bisa digerakkan tanpa ada masalah . Pada pengecekan peralatan juga di temukan beberapa perlatan baru yang  ditunjukkan dalam apel tersebut , diantarannya gergaji berbaterai  dan trigonal. .

Lebih rinci Kepala BPBD Ponorogo  Basori usai mengkuti apel siaga menjelaskan  9 kerawanan bencana di Ponorogo  antara lain ; banjir, kekeringan, puting beliung , tanah longsor dan kebakaran. Sedangkan bencana yang tidak terjadi di Ponorogo adalah stunami, banjir rob, abrasi dan  gunung meletus. (Wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close