Highlight News

Ponorogo Punya 2 Mesin PCR, Penanganan Covid 19 Diharapkan Lebih Optimal

Dutanusantarafm.com-Penanganan covid 19 di Kabupaten Ponorogo diharapkan akan lebih optimal dengan dimilikinya dua buah mesin polymerase chain reaction (PCR) yang segera dioperasikan di dua rumah sakit di Ponorogo. Swab test dilanjutkan dengan pemeriksaan melalui mesin PCR adalah bagian penting dalam penanganan covid 19 , karena selama ini hasil swab harus dikirimkan ke Surabaya. Sehingga membutuhkan waktu relative lama untuk mengetahui hasilnya.

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni pada Kamis 23 Juli 2020 mengabarkan bahwa RSUD Dr. Harjono kemaren mendapatkan bantuan mesin PCR dari BNPB. Untuk bisa segera mempersiapkan dalam pengoperasikan mesin PCR itu maka pihak rumah sakit melatih 3 orang tenaga analis .

“ Saat ini juga sedang dipersiapkan instalasi dan sarana prasarana penunjangnya. Sehingga insyaaAllah dalam waktu dekat di Kabupaten Ponorogo akan beroperasi 2 mesin PCR “ ungkap Ipong.

Dua mesin PCR itu satu berada di RSUD Dr. Harjono dan satunya lagi di RSU Aisyiyah yang merupakan hibah dari PP Gontor. “ Semoga dengan adanya 2 mesin PCR ini, proses testing bisa berjalan lebih cepat dan tentunya proses penanganan COVID19 di Kabupaten Ponorogo bisa lebih optimal” tambahnya.

Ipong menjelaskan sebelum mengoperasikan dua mesin PCR itu maka perlu dilakukan uji coba terlebih dahulu. Maka untuk uji coba ini membutuhkan specimen sebagai pendukungnya. Bupatipun berharap ada yang mau menjadi relawan untuk uji coba mesin PSR tersebut, dengan swab tes terlebih dahulu. (san)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close