Dinamika AktualKabar Kota Kita

Polres Ponorogo Ingatkan, Sekolah Laksanakan PTM Maka Potensi Laka Meningkat

Dutanusantarafm-Kepolisian Resort Ponorogo mengingatkan agar warga masyarakat meningkatkan disiplin dan tertib berlaltulintas di jalan raya, seiring dengan semakin banyak sekolah yang melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM). Kegiatan PTM disekolah sangat berpotensi meningkatnya kejadian kecelakaan lalu lintas, utamanya yang melibatkan pelajar.

Pelajar sering menjadi korban kecelakaan lalu lintas karena banyak diantara mereka naik sepeda motor saat sekolah. Menurut Kanit dikyasa Polres Ponorogo Ipda Bagus saat talk show di radio Duta Nusantara fm pada Senin (18/10/2021), potensi kecelakaan meningkat karena voume kendaraan bertambah. Penambahan itu karena banyaknya pelajar berangkat dan pulang sekolah naik sepeda motor.

Bagus menyebut meski belum waktunya naik motor, belum punya SIM namun realitanya pelajar di Ponorogo banyak yang nekat naik motor ke sekolah. Pelajar SLTP dan SLTA yang belum mengantongi SIM C banyak dijumpai di jalan raya. Kondisi tersebut menyebabkan lalu lintas semakin ramai,kepadatan semakin tinggi, dan resiko laka makin besar.

“resikonya kalau jalan semakin ramai,kecelakaan bisa meningkat” ungkapnya.

Ia membeber data dalam seminggu terakhir angka laka yang melibatkan pelajar atau anak muda sebanyak 6 kali kejadian. Korban laka satu diantaranya meninggal dunia,karena mengalami luka yang cukup parah. Kecelakaan tersebut sering terjadi pada jalur rawan kecelakaan atau black spot , seperti jalur Ponorogo Pacitan di Kawasan Dengok, dan jalan raya Ponorogo-Madiun.

“jalur black spot di dua kawaan itu masih jadi langganan laka “imbuhnya

Bagus menghimbau agar orang tua tidak memperbolehkan anak yang masih dibawah umur pergi ke sekolah dengan mengendarai sepeda motor. Orang tua sebaiknya tidak memanjakan anak dengan sepeda motor bila belum waktunya. Petugas kepolisian akan menindak tegas terhadap setiap pelanggaran lalu lintas yang dilakukan para pelajar. Selain itu razia atau operasi oleh petugas kepolisian terhadap pengendara motor juga akan ditingkatkan, guna mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close