Penonton Terpesona Festival Gejug Lesung Glinggang

Ponorogo, 21 Maret 2018

Jam 14.23 WIB

Festival Gejug Lesung yang dilaksanakan di lapangan desa Glinggang kecamatan Sampung selasa malam, membuat terpesona ratusan penonton. Para penonton ini tidak hanya berasal dari kabupaten Ponorogo , melainkan juga dari luar kota. Sebanyak 20 peserta akan mengikuti festival, mulai dari tanggal 20 sampai 22 Maret 2018.

 

Kepala Desa (Kades) desa Glinggang, Riyanto mengatakan “Festival Gejug Lesung ini adalah bagian dari nguri-nguri budaya lokal”. Festival ini disambut positif dari peserta luar kota. Hal itu dibuktikan dari 20 peserta Gejik Lesung, 8 peserta diantaranya berasal dari luar kabupaten Ponorogo. Seperti dari Kabupaten Madiun , Magetan, Surabaya, Pacitan. Blitar ,Malang, Pasuruan dan Sidoarjo.

Para penonton yang menyaksikan festival tidak hanya bisa mendengarkan suara merdu alunan tabuhan lesung dari 9 pemain, tetapi juga alunan suara dari penyanyi yang diiringi dengan tari-tarian. “Para peserta bebas memilih lagu, bisa campursari.dangdut, bahkan sholawatan. Panitia sengaja mendatangkan 3 orang dewan juri dari ISI Surakarta untuk memberikan penilaian” ungkap Riyanto.

Pihaknya berharap melalui Festival Gejug Lesung, sebagai bagian rangkaian dari festival desa glinggang ini, dapat menjadi salah satu pilihan wisata keluarga. Kegiatan ini sebagai salah satu wujud syukur masyarakat menyambut datangnya masa panen padi . Selain Festival Gejug Lesung rangkaian kegiatan lain adalah acara Metik, Arak-arakan ratusan den den sawah , arak-arakan ratusan tumpeng, Reog dan Gajah-gajahan. (Tim SABA KOTA – 921 FM)

Post Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *