Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Penambahan kasus baru dan tingkat kematian tinggi. Varian Delta Masuk Ponorogo??? Sekda Agus : Ada kemungkinan Begitu

Dutanusantarafm-Peningkatan kasus baru dan melonjaknya angka kematian akibat covid 19 terjadi di Kabupaten Ponorogo dalam beberapa hari terakhir. Realitanya fenomena itu juga terjadi hampir disemua kabupaten/kota di Propinsi Jawa Timur. Apakah itu pertanda bahwa virus korona varian baru delta sudah masuk ke Ponorogo.????

Sekda Kabupaten Ponorogo Agus Pramono kepada wartawan Jum’at (9/07/2021) menyampaikan peningkatan kasus baru begitu cepat dan angka kematian akibat covid 19 semakin banyak. Bahkan Kabupaten Ponorogo yang sebelumnya berada pada zona oranye sejak tiga hari lalu bergeser ke zona merah. Peningkatan itu tidak hanya dialami kabupaten Ponorogo saja, tetapi juga kabupaten/kota lain di jawa Timur.
“hampir semua kabupaten/kota di jawa Timur mengalami seperti ini ”ungkapnya.

Agus Pramono mengatakan sesuai fakta yang ada di lapangan memang penularan covid 19 di Ponorogo saat ini begitu cepat.. Ia mencontohkan seperti pada kasus covid 19 di wilayah kecamatan Sampung dan Babadan belum lama ini dimana ada dua orang dalam satu keluarga meninggal karena covid 19 secara berturut-turut dalam rentang waktu dua tiga hari.
“Kasus ini kebanyakan sebelumnya yang satu merawat yang sedang sakit. Akhirnya ikut terpapar dan sama-sama meninggal dunia” terangnya.

Cepatnya penularan itu seperti ciri virus korona varian baru delta dimana virus ini dengan mudah dan cepat menyebar hanya dalah hitungan menit. Agus juga menambahkan seperti yang disampaikan oleh tim dokter dari Dinas kesehatan Ponorogo varian delta ada kemungkinan sudah masuk ke Ponorogo. Dasar indikasi selain melihat fakta di lapangan yaitu tingginya kasus kematian dan cepatnya penambahan kasus baru covid 19 tersebut, juga dari gejala yang dialami para penderita. Gejala tersebut seperti gangguan pada lambung atau perut, muntah, gangguan pada pernafasan, batuk dan juga pilek. Melihat gejala awal itu maka seperti orang yang terinveksi virus korona varian delta.
“gejala terinveksi seperti itu dijumpai pada beberapa penderita di Ponorogo”imbuhnya.

Melihat tingginya kasus baru covid 19 dan jumlah kematian Aguspun berharap warga Ponorogo lebih mewaspadai penyebaran korona. Jika benar varian baru delta ini sudah ada di Ponorogo maka tentu sangat berbahaya karena dengan cepat menyebar dan bisa mengancam jiwa.

“Warga harus semakin disiplin protokol kesehatan,mentaati PPKM darurat,kalau tidak ada keperluan sangat penting dan mendesak untuk tidak meninggalkan rumah” pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close