Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

PAPBD 2021 Pintu Harapan Perbaikan Jalan Sampung –Pohijo

Dutanusantarafm-Kerusakan jalan yang banyak dijumpai di jalan raya Sampung sampai Pohijo sejak lama dikeluhkan warga setempat. Lebih dari dua tahun perbaikan belum bisa dilakukan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki pemkab Ponorogo. Melalui Perubahan APBD 2021 masih ada harapan perbaikan jalan bisa dilakukan.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Ponorogo Jamus Kunto mengatakan pada jalan raya Sampung sampai Pohijo sepanjang 7 km itu dijumpai adanya kerusakan sekitar satu sampai dua kilometer. Kerusakan diidentifikasi mulai ringan, sedang sampai kerusakan berat yang terdapat dibeberapa titik. Salah satu penyebab rusaknya jalur tersebut karena banyaknya kendaraan dengan kapasitas melebihi tonase seperti truk tambang yang melintasinya. Kalau dihitung jumlah kendaraan berat yang melewati jalan tersebut setiap harinya mencapai puluhan bahkan seratus lebih.

Hasil dari perhitungan sementara untuk perbaikan total sampai jalan menjadi bagus kembali membutuhkan dana sampai 6 milyar rupiah.
“kalau ingin jalannya bagus kembali,untuk perbaikannya membutuhkan dana hingga 6 Milyar rupiah”ungkapnya.

Perbaikan jalan itu sebelumnya diusulkan dalam DAK, PEN tahun 2021, dan juga DAU. Usulan itu belum bisa direalisasikan karena Dana DAK terbatas, sementara ada penundaan PEN dan DAU ada refocusing sampai 60 milyar rupiah. Melalui Perubahan APBD 2021 perbaikan jalan Sampung Pohijo akan diusulkan kembali.
“kita akan usulkan kembali di PAPBD 2021” terangnya.

Apabila usulan disetujui maka perbaikan jalan akan dilakukan, namun tentunya disesuaikan dengan kemampuan dan kesediaan anggaran. Apabila dana yang disiapkan tidak sampai 6 milyar maka dana yang ada akan digunakan sesuai kemampuan tersebut, dengan prioritas tertentu. Perbaikan tergantung kondisi yang ada, untuk kerusakan berat bila perlu akan dicor, yang ringan atau sedang dengan ditambal. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close