Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Hari Anti Tembakau Sedunia. Jumlah Warga Ponorogo Tidak Merokok Bertambah

Dutanusantarafm-Tanggal 31 Mei diperingati sebagai hari anti tembakau sedunia. Tembakau menjadi salah satu bahan baku utama untuk industri rokok. Kebutuhan tembakau di dunia termasuk di negara Indonesia paling banyak salah satunya untuk produksi rokok itu sendiri. Semakin bertambahnya penduduk maka penambahan jumlah perokok menjadi ancaman tersendiri.

Setiap negara termasuk Indonesia terus mengkampanyekan untuk menghindari merokok. Hal itu tidak lain karena merokok membahayakan bagi kesehatan, utamanya paru-paru dan jantung. Lalu bagaimana dengan perokok yang ada di kabupaten Ponorogo sendiri??

Sesuai rilis Badan Pusat Statistik data Susenas tahun 2019 dan 2020 warga Ponorogo usia 5 tahun keatas yang tidak merokok bertambah atau dengan kata lain jumlah perokoknya berkurang. Tahun 2019 jumlah warga yang tidak merokok 73,33 persen dari jumlah penduduk. Sedangkan tahun 2020 naik menjadi 74,49 persen dari jumlah penduduk Ponorogo.

Kepala badan Pusat Statistik Ponorogo Siswi Harini mengatakan itu sesuai data Susenas bulan maret tahun 2019 dan tahun 2020. Ia berharap data Maret 2020 yang sudah masuk pada masa pandemic covid 19, menurnya jumlah perokok bukan karena faktor ekonomi.
”Lalu seperti apa data di bulan Maret 2021 maka masih harus menungggu rilis dari BPS “ terangnya

Meningkatnya warga yang tidak merokok bisa jadi karena kesadaran warga Ponorogo meningkat, bahwa merokok itu memang bisa mengganggu kesehatan. Tembakau memiliki efek terhadap kesehatan, dan sepertinya itu semakin disadarai warga dengan menghindari konsumsi merokok.

Menurutnya pemerintah masih punya pekerjaan agar bisa terus menekan angka perokok khususnya dikalangan remaja di Ponorogo. “ Hal itu penting karena potensi penambahan jumlah perokok adalah pada usia remaja tersebut”pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close