Dinamika AktualHighlight NewsKabar Kota Kita

Canggih, Antisipasi Gagal Panen Petani Tembako Terus Up Date Prakiraan Cuaca

DUTANUSANTARAFM.COM: Ketar-ketir , itulah perasaan yang dialami oleh petani tembakai di 5 kecamatan di Kabupaten Ponorogo,  Selasa (14/09/2021) saat secara tiba –tiba Ponorogo  diguyur  hujan deras. Pasalnya tanaman tembakau adalah tanaman yang tidak terlalu suka pada air.  Namun , karena sebelumnya para petani tembakau ini sejak awal tanam Agustus lalu sudah melakukan sejumlah langkah antisipasi  sehingga ketika tiba-tiba hujan deras kondisinnya sampai saat ini cukup aman. Karena fenomena perubahan iklim siklus 10 tahunan tersebut sudah jauh hari disampaikan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Ponorogo , Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur dan  BMKG. Sehingga petani selalu up date Prakiraan cuaca lewat aplikasi Hp.

“Selain itu , dari propinsi sejak awal tahun kemarin sudah memberikan buku prakiraan musim kepada petani tembakau.Sehingga jika perubahan musim terjadi sepeprti sekarang ini para petani sudah siap,”ungkap Tunggul   Swastiko Kasi Produksi Perkebunan, Dinas  Pertanian Ketahahan Pangan dan Perikanan  Kabupaten Ponorogo

Tunggul Swastiko Kasi Produksi Perkebunan, Dinas  Pertanian Ketahahan Pangan dan Perikanan  Kabupaten Ponorogo mengungkapkan pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan para petani tembakau. Jauh  hari, pihaknya meminta kepada petani  melakukan langkah antisipasi agar kejadian  gagal panen karena terendam air hujan pada tahun 2010 tidak mereka alami lagi . Petani di  kecamatan Bungkal dan Balong , Mlarak , Badengan, Sampung menyiapkan guludan yang tinggi dan got untuk pembuangan air.  Sehingga  ketika hujan deras sepeprti kemarin semua cukup aman.  (wid)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close