Dinamika AktualGalerryHighlight NewsKabar Kota Kita

Berseragam APD Lengkap, Petugas Pemakaman BPBD Ponorogo Upacara Bendera Hari Kemerdekaan RI

dutanusantarafm-Disela panggilan tugas yang siap menanti, lebih dari 40 orang petugas pemakaman BPBD Ponorogo mengikuti upacara bendera hari kemerfekaan RI tahun 2021. Bertindak sebagai Inspektur upacara adalah kabid kedaruratan dan logistik bpbd Ponorogo Setyo Budiono,. sedangkan para petugas lain adalah para pegawai bpbd dan juga relawan..

Menariknya dalam upacara yang dilaksanakan di halaman kantor BPBD Ponorogo pada Selasa (17/08/2021), semua peserta mengenakan baju hazmat atau apd lengkap yang biasa dipakai saat pemakaman. Setyo Budiono mengatakan upacara ini adalah bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah.

“ini bentuk penghargaan kita kepada para pahlawan” kata Budi.

Kegiatan ini juga bagian untuk menumbuhkan rasa nasionalisme para relawan dalam mengemban tugas kemanusiaan dalam menangani pandemi covid 19. Sedamgkan alasan seragam APD yang dikenakan pada upacara ini karena pakaian tersebut yang setiap hari dikenakan dalam menjalankan tugas pemakaman.

Upacara bemdera yang dilangsungkan tergolong singkat meski rangakain yang diselenggarakan lengkap seperti normalnya. Seperti pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks proklamasi, pembacaan do’a, juga mengheningkan cipta.

Budi menambahkan para relawan pemakaman ini harus bertugas disetiap saat, karena itu upacara dilakukan dengan cara dan waktu tersendiri.
“tugas setiap saat memanggil kita harus menyesuaikannya” imbuhnya.

Terbiasa mengenakan. Baju hazmat maka para petugas pemakaman tersebut dengan khidmat mengikuti upacara bendera sampai selesai. Bila tidak terbiasa mengenakannya tentu tidak akan kuat berdiri menahan panas lebih dari 30 menit untuk mengikuti upacara tersebut.

“kalau panas ya panas mas, namun kita sudah terbiasa dengan pakaian ini” terangnya.

Sementara itu begitu upacara usai para petugas pemakaman dari trc, dan relawan tersebut sebagian harus berangkat memenuhi kewajibannya. Budi menuturkan sudah ada jadwal pemakaman secara prokes yang harus dilaksanakannya.

“kita mendapatkan informasi ada yang harus dimakamkan dengan prokes. Karena itu begitu upacara usai langsung bersiap diri” pungkasnya. (de)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close